Minggu, 26 Mei 2013

Konsep Dasar Asuhan Keperawatan

Asuhan Keperawatan merupakan bentuk pelayanan kesehatan profesional yang berdasarkan ilmu dan kiat keperawatan yang meliputi aspek Biologis, Psikologis, Sosiologis dan Spiritual yang terdiri dari proses yang sistematis yaitu pengkajian, penentuan diagnosa, membuat perencanaan, melaksanakan perencanaan yang telah ditetapkan serta mengevaluasi tindakan yang sudah dilakukan. asuhan keperawatan sendiri ditujukan bukan hanya pada seorang individu melainkan juga kepada keluarga dan masyarakat yang sehat maupun yang sakit mencakup hidup manusia untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal.

Keperawatan
Keperawatan adalah suatu bentuk pelayanan kesehatan professional yang merupakan bagian internal dari pelayanan kesehatan, didasarkan pada ilmu dan kiat keperawatan dengan bentuk pelayanan biologis, psikologis, social, dan masyarakat baik yang sehat maupun yang sakit dan mencakup seluruh proses kehidupan manusia (Depkes, 2000).
Tujuan Proses Keperawatan
  1. Membantu individu menjadi bebas dari masalah kesehatan yang dirasakan dan mengajak individu dan masyarakat untuk berpartisipasi meningkatkan derajat kesehatan.
  2. Membantu indivudu mengembangkan potensinya dalam memelihara kesehatan seoptimal mungkin agar tidak tergantung kepada orang lain didalam memelihara kesehatannya.
  3. Membantu individu untuk memperoleh derajat kesehatan yang optimal.
Proses Keperawatan
Pengertian Proses Keperawatan
Malinda Muraray
Proses keperawatan adalah metode kerja dalam pemberian pelayanan keperawatan untuk menganalisa masalah pasien secara sistematis, menentukan cara pemecahannya, tindakan dan mengevaluasi tindakan yang telah dilaksanakan.
Wolf and Weitzel
Proses perawatan adalah serangkaian perbuatan atau tindakan untuk menetapkan, merencanakan, melaksanakan pelayanan keperawatan dalam rangka membantu klien untuk mencapai dan memelihara kesehatannya.
Tujuan Keperawatan
Hasil akhir dari proses ini adalah menuliskan rencana keperawatan. Proses keperawatan ini merupakan suatu proses pemecahan masalah yang sistematika dalam memberikan pelayanan keperawatan. Rencana asuhan keperawatan merupakan pedoman dalam memberikan pelayanan keperawatan.
Langkah-langkah Proses Keperawatan
Ada lima langkah dalam  proses keperawatan  dalam lima langkah ini semuanya saling berkaitan dan saling mempengaruhi yaitu pengkajian, diagnosa keperawatan, perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi yang membentuk satu mata rantai.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

kumaha

Unknown mengatakan...

vitalnya peran perawat dalam memberikan layanan kesehatan kepada msyaraat...